Entry: selamat pagi...... Friday, June 05, 2009



ya, membicarakan isu kerusakan lingkungan rasanya nggak ada habis-habisnya, namun banyak juga yang akhirnya bertanya kembali ... trus saya bisa bantu apa?

jawabannya sederhana sekali .... rubahlah perilaku Anda! terutama perilaku "mentang-mentang" dan "mumpung" itu...

buat saya, memelihara perilaku di atas ini adalah akar segala permasalahan yang ada di bumi ini. banyak di antara kita yang berperilaku baik hanya di dalam lingkungannya sendiri saja, tapi tidak diterapkan kala berada di luar lingkungannya. dalam menjaga kebersihan misalnya, suatu ketika saat saya menunggu si mas pulang les di tempat parkir, saya terganggu oleh mobil di sebelah saya yang aktif sekali membuang sampah, terdengar lamat-lamat si ibu berkata, "ayo dek, mobilnya jangan dikotorin, sampahnya kita buang ya," dan aneka pembungkus makanan dan minuman ringan pun melayang keluar dari jendela mobil. si ibu hanya cemberut dan buru-buru menaikkan kaca jendela mobilnya sambil menolak kantung plastik yang saya sodori untuk menampung sampahnya.....

mentang-mentang dapat fasilitas kantor boleh dong memboroskan listrik, ATK, air; mentang-mentang sudah punya NPWP boleh dong ngotorin jalan; mentang-mentang sudah bayar kompensasi boleh dong nimbun rawa, nebang hutan, bongkar gunung, mentang-mentang punya kuasa boleh dong.....

bukan sekali dua saya mendapat cercaan "hey, mind your own business" atas perilaku saya di atas. tapi, hey .... boleh dong saya juga mengingatkan kalau Anda sudah mulai menggali kuburan Anda sendiri dan lebih parah lagi karena perilaku mentang-mentang itu Anda juga menarik paksa orang lain untuk masuk ke kuburan itu....

bumi kita sudah kewalahan, dan kita yang berada di atasnya sudah seharusnya menyelamatkannya, yang dengan sendirinya akan menyelamatkan kehidupan kita sendiri... banyak cara yang bisa Anda lakukan setelahnya... sebelumnya, just delete, erase... si mentang-mentang dan mumpung itu... sederhana dan mudah kan??

   16 comments

trend aksesoris
August 28, 2011   10:15 AM PDT
 
wah,. itulah kenyataan,.
kelakuan orang itu,.
kita harus menyadarkan orang seperti itu agar sadar pentingnya menjaga lingkungan,.. ^^
jepit rambut
July 22, 2011   01:07 AM PDT
 
nice post... ^^
best christmas toys 2011
July 5, 2011   01:45 PM PDT
 
andaikan kalau didunia ini semua orang memiliki kesadaran sendiri-sendiri, alangkah indahnya hidup ini
Aji
September 4, 2009   08:18 AM PDT
 
Salam kenal Mbak Jeni.
Saya salut dengan niat dan aksi mbak dalam konservasi alam untuk menyelamatkan bumi ini.
Kebetulan saya juga punya pandangan yang sama ttg alam ini. Kalau saya lebih kearah menanam pohon dan kampanye naik sepeda (B2W). Saya belum berani ngasih tahu orang tentang pentingnya menjaga lingkungan.
Salut.
ditter
August 26, 2009   04:16 PM PDT
 
SETUJUUUUUUU...!!!

Kalo kata Arne Naess, "kualitas hidup tinggi, -ya- ; standar hidup yang tinggi, -nanti dulu-...

Kalo kata pak Sonny Keraf juga, masalah lingkungan bukan karena masalah teknis semata, tapi lebih karena masalah moral manusia....
ditter
August 26, 2009   04:15 PM PDT
 
SETUJUUUUUUU...!!!

Kalo kata Arne Naess, "kualitas hidup tinggi, -ya- ; standar hidup yang tinggi, -nanti dulu-...

Kalo kata pak Sonny Keraf juga, masalah lingkungan bukan karena masalah teknis semata, tapi lebih karena masalah moral manusia....
ditter
August 26, 2009   04:13 PM PDT
 
SETUJUUUUUUU...!!!

Kalo kata Arne Naess, "kualitas hidup tinggi, -ya- ; standar hidup yang tinggi, -nanti dulu-...

Kalo kata pak Sonny Keraf juga, masalah lingkungan bukan karena masalah teknis semata, tapi lebih karena masalah moral manusia....
warm
August 26, 2009   01:50 PM PDT
 
bikin sadar diri sendiri memang susah, kayaknya ya bu
aksesoris wanita
August 26, 2009   08:03 AM PDT
 
yang sabar aja neng, yang waras ngalah
mayssari
June 30, 2009   11:31 AM PDT
 
saya baru bisa mengingatkan diri sendiri saja.. dan mencoba lebih menyayangi sekitar saya... :)
Investasi
June 26, 2009   12:18 AM PDT
 
KESADARAN itu memang sulit alangkah baiknya kita tekankan ke diri kita masing masing agar agar lebih meningkatkan kesadaran untuk apapun juga, salam kenal ya
mpokb
June 17, 2009   02:53 PM PDT
 
rasa memiliki terhadap lingkungan itu yang kurang. heran. padahal anak sendiri yang nanti ikut menanggung akibatnya.
sewa mobil
June 13, 2009   12:06 PM PDT
 
nice post
salam kenal :)
yati
June 10, 2009   09:16 AM PDT
 
ya ampun, kelakuan dah orang itu....ga mau mobinya kotor tapi ngotorin temmpat lain...ckckck...

emang ga mudah ngajakin orang lain untuk peduli. apalagi dengan gaya saya yang sumbunya pendek, langsung meledak duluan
Chic
June 8, 2009   12:02 PM PDT
 
saya pernah tuh lagi nyetir di belakang mobil mewah yang tiba-tiba membuang stereofoam bekas makanannya lewat jendela mobil ketika lewat di sebuah taman. Saya membatin dalam hati, bisa beli mobil seharga 1 Milyar kok ya ga mampu beli kotak sampah. memalukan.
Domba Garut!
June 6, 2009   10:01 AM PDT
 
Nggak papa, neng.. kampanye kesadaran ini memang gak mudah - when the going gets tough .. the tough gets going..

semakin orang banyak yang sadar.. akan lebih mudah kedepan-nya, kita mulai dari lingkungan terdekat aja dulu - sebab itu yang termudah menanamkan kefahaman sadar lingkungan.

Salam hangat dari afrika barat!

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments